Website Resmi Kodim 0307/Tanah Datar

Dinas Pertanian Kab.Tanah Datar Melalui Kelompok Tani Ajak Petani Mengembangkan Tanaman Bawang Putih Dan Bawang Merah

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tanah Datar mengajak petani melalui kelompok-kelompok tani mengembangkan tanaman bawang putih dan bawang merah. Hal ini guna mengantisipasi fluktuasi harga di pasaran dan masuknya bawang impor dari negara lain.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto didampingi Kadis Pertanian Yulfiardi dan Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah pada saat pencanangan menanam bawang putih dan bawang merah di hamparan Kelompok Tani Gupisa Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto, Sabtu (28/09) itu mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian tahun ini memberikan bantuan bibit bawang putih dan bawang merah, untuk seluruh wilayah Indonesia, ini gunanya untuk pengembangan tanaman bawang dan menjadikan Indonesia sentra bawang putih maupun bawang merah.
“Tahun ini kita Kabupaten Tanah Datar mendapat bantuan untuk pengembangan bawang putih dan bawang merah seluas 125 hektar. Hal ini juga sekaitan dengan diversifikasi ekonomi di bidang pertanian,” ucapnya.
Yuhardi mengatakan untuk kebutuhan benih bawang putih secara nasional tahun 2021 sebanyak 20 ribu hektar dan Tanah Datar mendapat alokasi sekitar 12 hektar lahan yang akan dikembangkan lagi.
Mengingat bantuan ini merupakan dana APBN, Yulfiardi berharap pada keltan untuk dapat menerapkan dan mengembangkan tanaman bawang putih ini secara baik.
Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto menyambut baik pencanangan bertanam bawang putih dan bawang merah ini, karena menurut Edi Susanto hal ini nantinya dapat mengendalikan inflasi daerah, terutama di Tanah Datar.
Edi menambahkan jika wilayah Tanah Datar terkhusus Kecamatan X Koto memiliki hawa yang sejuk dan tanah yang subur sehingga sangat cocok untuk bertanam sayur-sayuran.
“Saat ini kita lakukan penanaman bawang putih dan bawang merah di kelompok tani Gupisa Panyalaian Nagari Koto Laweh sekaligus pencanangan, kita berharap ini dapat memovifasi keltan lain di wilayah Tanah Datar, sehingga dapat berkembang secara merata keseluruh wilayah dan ini juga kita harapkan dapat menanggulangi inflasi tidak hanya di Tanah Datar, namun di Sumatera Barat,” ucapnya.
Pada kesempatan yang sama Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah menyambut baik gerakan menanam bawang putih dan bawang merah ini di samping tanaman sayur lainnya.
“Ini merupakan suatu gerakan yang sangat besar sekali manfaatnya bagi Kabupaten Tanah Datar, maupun Provinsi Sumatera Barat. Dari ini diharapkan nanti dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.
Alfian juga mengatakan jika ini dimulai dari Kecamatan X Koto karena wilayah tersebut merupakan sentra sayuran, namun tidak menutup kemungkinan penanaman bawang ini juga dapat menyebar keseluruh wilayah Tanah Datar, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Alfian juga puji hamparan Kelompok Tani Gupisa ini yang memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah, sehingga menurutnya juga dapat dijadikan sebagai objek wisata agro kedepannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top