Website Resmi Kodim 0307/Tanah Datar

Dandim 0307/TD Seminar Pamantapan Wawasan Kebangsaan tahun 2019

Pada kamis (31/10) pukul 10.45 wib bertempat di Aula Dinas Parpora Batusangkar Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Telah berlangsung kegiatan seminar pemantapan wawasan kebangsaan tahun 2019 dengan Materi ” Peranan Pemuda Dalam Mempertahankan NKRI ” sebagai narasumber Kasdim 0307/Tanah Datar Mayor Inf Munawar. Moderator Ketua bidang Polhukam KNPI Novel Asriyanto SH, Narasumber Kasdim 0307/Tanah datar Mayor Inf Munawa, Kasi Pemuda dan olahraga, Pengurus KNPI kabupaten Tanah datar, Pengurus Pramuka kabupaten Tanah datar, Pemuda Nagari sekabupaten tanah datar Kasdim 0307/TD Mayor Inf Munawar sebagai nara sumber menyampaikan, Kodim adalah suatu satuan atau badan yang mengurusi tugas pokoknya. Dalam melaksanakan pembinaan teritorial atau wilayah dengan geografi dan demograsi serta kondisi sosial. Sehingga kami berharap para pemuda ini harus tau babinsa yang ada dimasing msing wilayah. Karna peranan babinsa ini sangat penting dalam lingkungan kehidupan masyarakat
Babinsa juga sala satu badan yang mengurusi kegiatan kemasyarakatan dalam membatu kegiatan pemerintah. Yang meliputi apa saja yang ada di wilayahnya terutama pertahanan dan keamanan yang menjadi tugas pokok sehingga para pemuda yang ada diwilayah kami juga berharap selalu berkomunikasi dan bekerja sama dalam hal ketahanan wilayah.
-Peran pemuda bagi bangsa Indonesia sangatlah penting  dalam menumbuhkan rasa nasionalisme. Untuk membentengi diri dari berbagai ancaman yang bersifat radikalisme dan disini saya juga  teringat hikayat Bung Karno Presiden Pertama Kita bahwa beliau pernah berkata ” Berikan aku sepuluh pemuda , Maka akan ku guncangkan Dunia”. Produk hukum kita yang paling tinggi adalah UUD karna didalam UU no 3 tentang pertahanan keamanan bahwa kita semua adalah komponen cadangan, apabila terjadi peperangan.
Sehingga kita sebagai kompunen cadangan ini diharapkan untuk bisa membantu komponen utama,komponen utama yang di maksud adalah TNI. Selain membela negara kita harus membela keluarga kita agar selalu terjaga dalam kehidupan sehari hari. Pancasila dan UUD adalah jiwa kita sehingga rasa cinta kita kepada NKRI mari sama sama kita jaga dan kita pertahankan serta lestarikan budaya budaya rasa cinta tanah air. Selain itu kita kenali dan kita pelajari dan yang paling pokok adalah kita jaga nama baik kita, keluarga kita, lingkungan kita  dan jadilah pribadi yang baik. Pemuda harus memiliki power yang kuat dan harus diperdayakan dengan baik diasah dengan baik dengan harapan bisa kita untuk mencegah ada nya kebajikan yang datang dari luar maupun dari dalam. Peran pemuda menjadi sangat penting untuk menumbuhkan nasionalisme dalam rangka membentengi diri dari berbagai ancaman yang bersifat radikalisme. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pemuda adalah sebagai penerus bangsa -Kita juga harus siap menerima tantangan dalam menghadapi tantangan ini perlu harus kita tahu juga dalam memahami jiwa wawasan kebangsaan karna apabila wawasan kebangsaan seluruh komponen masyarakat meningkat, maka kuatlah keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI dalam mendorong semangat hati yang kuat untuk cinta tanah air. Pukul 12.15 wib kegiatan Seminar Pamantapan Wawasan Kebangsaan tahun 2019 selesai. Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top