Website Resmi Kodim 0307/Tanah Datar

Dandim 0307/TD Sebagai Ketua FORKI Rapat Kerja Daerah Koni Kabupaten Tanah datar 2019

 Pada Rabu (30/10) pukul 13.50 wib bertempat di Gedung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar. Telah berlangsung kegiatan lanjutan dari rangkaian Rapat Kerja Daerah ( RAKERDA ) KONI Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019 dengan tema “Dengan Rakerda kita tingkatkan Prestasi Menuju Porprov ke XVII Sematera Barat 2020”. Dengan materi “Evaluasi dan menciptakan Inovasi untuk meningkatkan Prestasi”. Sebagai narasumber Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap.,S.Pd.,M.I.Pol.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma SH, Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Edi S Harahap.,S.Pd.,M.I.Pol, Kasi Intel Kejaksaan Tanah datar Tatang hermawan SH.MH, Ketua Umum Koni Tanah Datar Doni Eka Putra, Kepala BKD Tanah Datar diwakili Andri SE, Ketua Inspektorat diwakili Desrizal SE, Pengurus Koni dan Pengurus Cabang Olahraga, Pelatih dan Oficiel serta Atlit.

Dandim 0307/TD sebagai Narasumber dan Pemateri yang akan disampaikan Sbb:

1. Materi Evaluasi dan Menciptakan Inovasi untuk meningkatkan Prestasi oleh Narasumber Dandim 0307/Tanah datar

2. Materi Tata cara pengadaan barang dan jasa oleh Narasumber Kejaksaan Tanah datar

3.Materi Pengawasan Penggunaan Dana Hibah oleh Narasumber Inspektorat Tanah datar

4. Materi Mekanisme Pelaksanaan Pertanggung jawaban dan Pelaporan Hibah oleh Narasumber BKD

Sambutan Wakil Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma.SH menyampaikan, Saya mengucapkan apresiasi dan selamat karna hari ini kita telah laksanakan rapat kerja daerah. Dan kami yakin didalam rapat kerja tersebut banyak yang kita koreksi dan banyak yang kita evaluasi sehingga menjadi harapan kedepan bisa lebih baik.

Memeng kita selalu dihadapkan dengan berbagai persoalan yang dilematis dari rekrutmen penetapan dan pengiriman atlit ke berbagai cabang olah raga. Walupun tren kita naik sampai hari ini kita belum lagi masuk di lima besar diantara 19 kabupaten kota. Oleh karna itu melalui rapat kerja hari ini alhamdulillah semua cabang hadir, dan disini dituntut kearifan kita dan selektifitas kita, di tuntut pandangan kita, gagasan dan ide kita, langkah seperti apa dan sistim seperti apa serta metode bagaimana yang harus kita tegakkan untuk porprov 2020.

Sehingga atlit selalu termotivasi dan efesiensi bisa kita tegakkan serta prestasi yang akan kita raih nanti. Mari kita saling mengingatkan, tinggalkan untuk saling mengkoroposi karena kita tidak ingin didalam pelaporan dan pertanggung jawaban ini ada problem atau masalah.

Sehingga saya harapkan mari kita sama sama bertanggung jawab terhadap Pemerintah Daerah dan terhadap masyarakat Tanah Datar.

Sekali lagi mari kita jaga kekompakan dan kebersamaan cinta Tanah Datar di bidang olahraga dalam miningkatkan nama baik Kabupaten Tanah Datar.Pesan Wabup.

Adapun Materi yang disamapaikan Oleh Narasumber Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap.,S.Pd.,M.I.Pol, Sebagai Ketua FORKI Tanah Datar menyampaikan,

Sebagai Motivasi:

Berkaitan dengan kegiatan pelaksanaan porprov kita tahun 2018 yang lalu, kalau secara target prestasi yang diharapkan kita telah mencapai target karna ditahun 2016 kita berada di rangking 9 dengan perolehan 35 emas 47 perak dan 50 perunggu.

Sedangkan di Tahun 2018 kita berada di rangking ke 7 dengan perolehan 42 emas 30 perak dan 48 perunggu sehingga saya bisa simpulkan bahwasanya pembinaan cabang cabang olahraga sudah ada peningkatan walaupun masih ada cabang olahraga yang masih ada kesenjangan. Sehingga ini menjadi perhatian buat koni dan kita semua. Sebagai Pemerintah Daerah bagaimana cabang cabang yang menurun ini bisa kita tingkatkan kembali.

Bagi cabang olahraga yang belum mendapatkan prestasi atau medali bisa kita upayakan untuk mendapatkan medali. Hal ini harus ada skala perioritas yang mana  harus kita pertahankan sehingga nantinya apa yang kita harapkan bisa tercapai dengan baik sehingga harapan kita proprov kedepan peringkat kita bisa naik.

Bagai mana kita harus membina atlit atlit, kita harus mempunyai mental karena kalau dengan ada mental Seorang atlit harus mempunyai semboyan “Militan tangguh juara”. Jadi seorang atlik itu harus mempunyai mental yang baik harapan kita dia akan lebih tangguh nilai juang nya,tahan sakit dan tidak gelisah dan tidak mudah mengeluh sehingga dalam kondisi puncak dia selalu siap.

Sebagai Inovasi:

Saya juga sarankan sebagai Inovasi perlu adanya kepelatihan atau penataran kepada pelatih kita. Sehingga para pelatih kita mempunyai jiwa militan dan tauladan serta mengetahui pemahaman yang sama,pengetahuan yang sama tentang bagaimana meningkatkan prestasi atlit. Dan harus tahu karakter dari seorang atlit, karna saya yakin dan percaya bahwa seorang atlit itu bisa hebat apabila dia didampingi oleh pelatih yang hebat, karena pelatih harus mempunyai kemampuan inovasi pengetahuan yang baik.

Berkaitan dengan inovasi bagaimana kita bisa membuat sesuatu perubahan dengan sarana prasarana serta sumber daya yang ada. Sehingga inovasi itu selalu ada pada diri pelatih karna dukungan sebesar apapun atau anggaran sebesar apapun serta sarana sebaik apapun tetapi kalau pelatih tidak bisa menciptakan inovasi tidak bisa membuat inovasi dan metode metode latihan yang baik sesuai dengan karakter daripada atlit, maka kemungkinan prestasi juga akan kurang baik .

Ditahun kemarin memang masih ada keterbatasan dari sarana prasarana pendukung. Sehingga perlu adanya perubahan sistim sehingga harapan kita dengan adanya inovasi atlit kita bisa mendapat dukungan yang lebih baik dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Perlu juga kita siasati untuk mencari penyelesaian masalah karna dalam pengrekrutan atlit belum ada mekanismenya yang baik dan perlu ada ketegasan. Sehingga atlit atlit mana yang harus perlu kita bawa walaupun dia memeng belum punya prestasi. Tetapi dia merupakan bibit yang baik maka dia layak untuk di ikut sertakan.

Sehingga saya harapkan masing masing ketua cabang olahraga harus bisa memiki presepsi yang sama. Harapan saya dengan semboyan “Militan tangguh dan juara”, kedepan bisa lebih baik sesuai yang diharapkan untuk meningkatkan prestasi atlit kita di porprov tahun depan. Ungkap Dandim Edi.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top